Friday, October 14, 2016

Menjadi Terang





Yohanes 12:35-36 (TB)  Kata Yesus kepada mereka: "Hanya sedikit waktu lagi terang ada di antara kamu. Selama terang itu ada padamu, percayalah kepadanya, supaya kegelapan jangan menguasai kamu; barangsiapa berjalan dalam kegelapan, ia tidak tahu ke mana ia pergi.
Percayalah kepada terang itu, selama terang itu ada padamu, supaya kamu menjadi anak-anak terang." Sesudah berkata demikian, Yesus pergi bersembunyi dari antara mereka.  
                      
Sebelum Tuhan Yesus naik ke Sorga, Ia berpesan supaya kita berjalan dalam Terang dan menjadi anak-anak terang. Tuhan Yesus memang sudah tidak lagi berada di dunia, namun,Ia ada di dalam diri setiap orang yang sungguh-sungguh percaya pada-Nya.  Ia juga telah mengirimkan Roh Kudus, Roh penolong itu, untuk menolong kita agar selalu berjalan dalam kebenaran. Menjadi terang bukan saja mengenai apa yang telah kita perbuat bagi orang lain, namun juga apakah kita sudah menjadi suluh yang menerangi kehidupan rohani orang lain. Tuhan telah menyediakan dirinya  untuk menjadi sumber  terang bagi kita,sehingga bukan saja menjadi terang , Ia juga ingin supaya kita membagikan terang itu kepada setiap orang yang belum berjalan dalam terang itu. Ia telah memberikan potensi tersebut dalam diri kita.   Dengan bergantung padanya ia memampukan kita untuk menjadi terang untuk orang lain. 

Untuk menjadi terang, yang terpenting adalah kita harus  memiliki hubungan yang  intim dengan sumber terang tsb, yaitu Yesus Kristus.  Dengan memiliki hubungan yang dekat dengan Yesus, terang itu akan terus menyala dalam diri kita. Walaupun berada dalam  gelap, terang itu tidak akan padam, namun justru Ia akan menerangi di dalam kegelapan.Karena di dalam kita sudah ada sumber kehidupan. Bahkan orang-orang disekitar kita pun akan mulai mencari Sumber terang tersebut karena mereka telah merasakan terang itu. Sekitar kita akan mulai sadar bahwa mereka membutuhkan terang tersebut. Maka terang itu akan semakin banyak menyala di kehidupan orang-orang. Tuhan tidak  ingin kita menjadi satu-satunya terang, namun Ia ingin supaya kita membagikan terang itu kepada setiap orang. 

Semakin kita berakar dan bertumbuh dalam Kristus, terang itu akan semakin nyata dalam hidup kita. Orang-orang akan semakin bisa melihat Yesus dalam kehidupan kita.  Bahkan kehidupan kita akan semakin berdampak bagi orang-orang di dunia. Dan Tuhan akan memakai kita untuk menyalakan terang di kehidupan rohani orang lain, Ia akan memakai kita untuk mengubahkan kehidupan rohani orang banyak. 



No comments:

Post a Comment