Friday, May 27, 2016

Baptisan Roh Kudus




                Mungkin selama ini kita banyak mendengar tentang Baptisan Roh Kudus, namun mungkin belum mengetahui kebenarannya menurut Alkitab. Apa itu Baptisan Roh Kudus? Setelah Yesus bangkit dan beberapa kali menampakkan diri pada murid-muridnya selama 40 hari, Yesus melarang murid-muridNya untuk pergi dari Yerusalem, untuk menantikan Janji Bapa, yaitu Baptisan Roh Kudus. (Kis 1:4-5). Baptisan Roh Kudus adalah turunnya Roh Kudus atas orang-orang percaya, menjadikan mereka saksi-saksi Kristus yang dipenuhi dengan kuasa dari tempat tinggi(Luk 24:49). Kata “Kuasa”, berasal dari kata “dunamis” sehingga muncul kata dinamis dan dinamit, sehingga setelah dibaptis oleh Roh Kudus, artinya kita akan menerima kuasa, maka  sebagai gereja Tuhan kita akan bergerak terus sehingga apa yang kita perbuat berdampak bagi banyak orang, bagi kota, daerah, negara, dan bahkan seluruh dunia. (Kis 1:8)
               
Roh Kudus diberikan sebagai materai keselamatan dan kuasa. Yang terjadi saat kita dibaptis Roh Kudus adalah kita dipenuhi oleh Roh kudus. Kesadaran akan hadirat dan kuasa Allah akan meningkat. Roh Kudus memampukan unruk menyatakan hal-hal yang berasa dari Allah bahkan yang tersembunyi (1 Kor 2:10) dan menjadi saksi atas mujizat-mujizat dan tanda-tanda ( Ibr 2:4)
                Di dalam Alkitab, ketiga hal berikut, yaitu menerima Yesus, Baptis air dan Baptis Roh Kudus dialami dalam waktu yang berdekatan, maka dari itu ketiga hal itu segera mungkin kita alami. Saat menerima Yesus , Roh Kudus memang masuk ke dalam hati seseorang (Ef 1:13). Namun hal tsb berbeda dgn dibaptis dengan Roh Kudus. Seseorang hrs segera dibaptis Roh Kudus setelah menerima Yesus dan dibaptis air supaya Allah benar-benar berkuasa atas hidup nya. Karena yang paling penting terjadi adalah kita dimampukan untuk menyerahkan kendali atas diri kita kepada Allah, sehingga Ia yang berkuasa atas diri kita. Dengan cara ketika kita dibaptis Roh Kudus kita menerima kemampuan untuk berbahasa Roh (Kis 2:4 19:6). Kita tidak akan mengerti bahasa ini karena bukan berasal dari bahasa akal budi, tapi diberikan oleh Roh Kudus secara ajaib. Allah memberikan bahasa roh untuk menolong kita mengendalikan lidah yang ga bisa dikendalikan sendiri (Yak 3:9) Sehingga ketika lidah ini dikendalikan,oleh Allah, Allah bisa sepenuhnya mengendalikan hidup kita.

                Baptisan Roh Kudus bisa dialami oleh orang percaya lebih dari sekali, bahkan orang percaya harus terus menerus dipenuhi oleh Roh Kudus. Supaya bisa terus bergerak dan berdampak.  Setelah menerima Roh Kudus, kita akan menerima kuasa. Ketika kita dibaptis Roh Kudus dan dipenuhi Roh Kudus terus menerus, Roh Kudus mulai menguasai diri kita dan menjadi permulaan ketika hidup kita benar-benar dikuasai Allah sehingga setiap tindakan kita menjadi semakin seperti Yesus. Kita akan dimampukan untuk melayani Tuhan bukan dengan akal budi, namun dengan Roh. Sehingga semakin banyak orang yang mengenal Yesus.



No comments:

Post a Comment